Cara Cepat Dan Mudah Menangani Anak Sulit Makan

Cara menangani anak sulit makan bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab kunci utama dalam mengatasinya yakni keteguhan Anda untuk senantiasa mengajaknya makan. Berikut ini ada beberapa kiat menangani anak sulit makan yang dapat Anda coba.


Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  • Ketika si kecil sudah berusia 6 bulan, cobalah untuk mulai menampilkan masakan pendamping ASI seumpama hal nya bubur susu dan sari buah. Kemudian bertahap ke masakan yang memiliki tekstur lebih padat, seumpama nasi tim, dan seterusnya.
  • Bila Anda menegaskan bubur instan yang ada dipasaran, jangan lupa untuk mengevaluasi label pada bungkus supaya bisa diadaptasi dengan si kecil. Umumnya bubur instan tersedia untuk anak yang berusia 6 – 24 bulan dengan varian rasa yang beraneka ragam. Supaya si kecil tidak bosan, lebih baik Anda berikan bubur instan dengan varian rasa yang berbeda-beda.
  • Jika si kecil sudah berusia diatas 2 tahun, kini waktunya bagi Anda untuk memvariasikan santapan lauk pauknya. Buat opsi santapan masakan beragam dan biarkan si kecil menegaskan masakan yang paling disukainya. Jika ingin diadaptasi menurut waktu makannya, Anda bisa menegaskan telur, roti, kentang, dan segelas susu untuk santapan sarapan pagi. Untuk santapan makan siang, Anda bisa menegaskan nasi tim sayur dengan ikan. Sedangkan santapan makan malamnya, Anda bisa menampilkan nasi sayur dengan daging ayam. Tambahkan buah-buahan atau pudding selaku santapan penutupnya.
  • Jika si kecil bahagia ngemil, lebih baik berikan cemilan yang sehat seumpama pecahan buah-buahan, agar-agar, es krim, pudding, wortel yang sudah dikukus, atau dapat juga dengan menampilkan cake hasil kreasi Anda. Berikan bukaan jauh sebelum waktu makan tiba. Hindari bukaan seumpama permen, cokelat, dan snack yang mengandung MSG supaya nafsu makan si kecil tidak terganggu.
  • Cara menangani anak sulit makan yang selanjutnya yakni suguhkan masakan dengan performa yang menawan dan sebisa mungkin hindari mencampur adukan nasi dengan lauk pauknya. Menyajikan masakan supaya lebih menawan tidaklah sulit, Anda juga bisa melakukannya dengan menampilkan piring makan yang diminati si kecil kemudian pisahkan nasi dengan lauk pauknya. Atau dapat juga dengan merubah bentuk makanannya seumpama nasi terbuat menjadi tampang sedang tersenyum, tokoh kartun, atau yang lainnya.



  • Sajikan masakan secara bertahap dengan takaran kecil dulu. Jangan memaksanya untuk makan banyak-banyak sebab lambung si kecil belum bisa memuat masakan dalam jumlah yang banyak. Beri ia makan bertahap supaya bisa menikmati makanannya. Jika si kecil menyukainya, jangan heran jikalau ia akan ketagihan dan meminta makan lagi.
  • Cara menangani anak sulit makan selanjutnya yakni hindari memaksa, terlebih hingga mengancam dan menakut-nakuti si kecil supaya mau makan. Hal ini jikalau dijalankan malah akan menghasilkan si kecil mengalami depresi berat psikologis. Lebih baik bujuk ia dengan lemah lembut dan bersabar.
  • Selama kesibukan makan masih berlangsung, tetaplah berkomunikasi dengan si kecil supaya kesibukan makannya tetap menyenangkan. Atur juga waktu makannya supaya hal ini dapat menjadi kebiasaan bagi si kecil. Jadi, di saat waktu makan datang ia tidak perlu lagi untuk disuruh-suruh makan.
  • Pemberian minum pada di saat si kecil makan juga penting untuk diperhatikan. Usahakan jangan terlampau banyak memberinya minum sebab hal ini bisa menjadikannya lebih singkat kenyang.
  • Cara mangatasi anak sulit makan sesungguhnya dapat juga diselesaikan dengan menampilkan multivitamin atau supplemen penambah nafsu makan. Anda juga tidak akan kesusahan untuk mendapat supplemen ini, sebab supplemen penambah nafsu makan sudah banyak tersedia di swalayan atau di apotek.

Jika Anda sudah menerapkan cara menangani anak sulit makan yang sudah disebutkan diatas tetapi anak tetapi tidak mau makan, lebih baik konsultasikan duduk kasus ini terhadap dokter atau luar biasa gizi.

Post a Comment

0 Comments