Cara Membuatkan Emosi Yang Sehat Pada Anak Usia Dini

Mengembangkan emosi yang Sehat pada Anak usia dini CARA MENGEMBANGKAN EMOSI YANG SEHAT PADA ANAK USIA DINI
Hal penting yang perlu diamati dan diharapkan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat selaku mana yang dikemukakan oleh Reynolds (1990) di antaranya yakni berikut:

  1. Anak USIA DINI harus mendapat rasa cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, keluarga, guru-guru dan teman-temannya.
  2. Anak USIA DINI harus memiliki perasaan dikehendaki dan memiliki wilayah dalam keluarga, sekolah, dan lingkungannya.
  3. Anak USIA DINI perlu mendapatkan peluang untuk mencicipi rasa berprestasi dan rasa puas kepada hal-hal/pekerjaan yang dilakukannya.
  4. Anak USIA DINI juga perlu mendapatkan peluang untuk berdikari dan menghasilkan keputusan sendiri, dengan peluang untuk menjajal lagi jikalau ia gagal
  5. Seorang Anak USIA DINI harus memiliki rasa kondusif dalam menjalin kekerabatan dengan orang lain.
  6. Seorang Anak USIA DINI harus pula memiliki iktikad pada dirinya dan membangun kesadaran akan kebaikan-kebaikan yang ada pada dirinya.
  7. Anak USIA DINI harus diperlakukan selaku seseorang, tidak selaku bab dari keluarga atau kelompok, tetapi selaku seseorang yang memiliki identitas.

Salovry dan Mayer mengemukakan bahwa terdapat lima cara yang sanggup dilaksanakan untuk membina emosi yang sehat pada anak yakni :

  1. Kemampuan untuk mengetahui emosi diri
  2. Untuk menolong anak mengetahui emosinya, sanggup dilaksanakan dengan cara mengajarkan anak untuk mengerti perasaan-persaan yang dialaminya.
  3. Kemampuan untuk mengorganisir dan mengekspresikan emosi secara tepat
  4. Anak sanggup dibiasakan untuk berpikir kongkret sehingga anak sanggup menyikapi sebuah bencana dengan sikap yang tepat.
  5. Kemampuan untuk memotivasi diri
  6. Pengembangan kesanggupan untuk memotivasi diri didorong oleh kesanggupan anak dalam menyelesaikan masalah. Orang renta dan guru perlu menanamkan optimisme pada anak.
  7. Kemampuan untuk mengerti perasaan orang lain.
  8. Untuk menyebarkan kemampuan anak dalam mengerti orang lain maka upaya pengembangan tenggang rasa dan kepedulian kepada orang lain menjadi sungguh penting. Anak seharusnya mendapat pengalaman eksklusif dalam kehidupan positif untuk mencicipi perasaannya tersebut.
  9. Kemampuan untuk membina kekerabatan dengan orang lain
  10. Latihlah anak untuk bergabung dengan anak yang lain, bermain kelompok, dan melakukan kerjasama.

Post a Comment

0 Comments