Cara Menyediakan Masakan Pendamping Asi Pada Bayi

Makanan pendamping ASI pertama kali yang diberikan bayi CARA MEMBERIKAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI
Makanan pendamping ASI pertama kali yang diberikan bayi, lazimnya dalam bentuk bubur buah, tim saring, nasi tim dan usang kelamaan berupa kuliner keluarga yang padat. Untuk itu maka Makanan Pendamping ASI ini mesti mengandung gizi yang sepadan mudah-mudahan bayi sanggup menyanggupi keperluan gizinya.

Berikut beberapa rambu-rambu dan cara memamerkan kuliner pendamping ASI untuk bayi kita: 

1. Pengenalan dan santunan Makanan Pendamping ASI mesti dijalankan secara sedikit demi sedikit dari yang cair, semi padat dan kuliner padat. Mengapa? alasannya yakni mesti diubahsuaikan dengan kesanggupan pencernaan bayi atau bayi. Dengan santunan Makanan Pendamping ASI yang cukup maka pertumbuhan fisik dan kemajuan kecerdasan bayi sanggup bertambah pesat.


2. Makanan pendamping ASI semestinya diberikan mulai umur 6 bulan hingga 24 bulan.

3. Berikanlah kuliner pendamping ASI yang berkualitas tinggi, sehingga menjamin mutu zat gizi yang baik.

4. Sebagai awalan, berikanlah kuliner bayi yang lumat dan cair, misalnya bubur susu atau bubur buah (pisang, pepaya).

5. Berikan kuliner secara bertahap, tujuannya dari yang lembut, lebih bernafsu dan padat.

6. Berikan bayi yang sudah berusia sembilan bulan nasi tim dengan gizi lengkap yang berisikan karbohidrat, protein dan zat besi bisa berupa gandum/nasi, buah sayur dan ikan.

7. Perkenalkan satu persatu jenis kuliner pada bayi, sehingga ia mengenalnya dengan baik.

8. Lakukan pergeseran kombinasi kuliner bayi mudah-mudahan bayi tidak jenuh dan bayi sanggup melahap semua makanannya. Juga untuk mengenali reaksi alergi kalo ada terjadi pada bayi.

9. Jika bayi kian besar dilihat dari berat badannya maka ia juga mesti diberikan takaran makan yang lebih banyak lagi.

10. Lakukan urutan santunan Makanan Pendamping ASI dengan buah-buahan, tepung-tepungan, kemudian sayuran. Golongan daging, ikan dan telur semestinya diberikan setelah bayi berumur tujuh hingga delapan bulan.

11. Susunlan jadwal makan bayi dengan waktu yang diubahsuaikan dengan kondisi bayi di saat lapar atau haus. Ini juga terkait dengan kondisi lambungnya. Karena itu kita mesti jeli dengan jadwal santunan kuliner bayi.




Post a Comment

0 Comments