6 Tips Mudah Memilih Jasa Kirim untuk Online Shop Anda

Di zaman yang segala sesuatunya terkoneksi dengan internet, bisnis online menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal lebih sedikit. Selain dengan jaringan internet, bisnis online sangat erat kaitannya dengan jasa kirim barang. Maraknya belanja online juga menumbuh besarkan bisnis logistik, sehingga ada banyak sekali pilihan jasa ekspedisi yang bisa Anda gunakan.


Memilih Jasa Kirim

Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih jasa ekspedisi agar Anda tidak mengalami kerugian apapun. Nah, bagi Anda pelaku bisnis online, simak tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang di bawah ini:

1.     Menawarkan Berbagai Paket Pengiriman

Pilihlah jasa ekspedisi yang menawarkan berbagai paket pengiriman sesuai keinginan dan budget pembeli Anda. Biasanya paket pengiriman akan dibedakan sesuai waktu pengiriman. Saat ini di Indonesia sendiri hampir sebagian besar jasa kirim barang menawarkan paket tersebut, baik jasa ekspedisi yang sudah ternama hingga jasa  ekspedisi yang baru seumur jagung.

 

Penawaran paket pengiriman tersebut tentunya mempengaruhi tarif pengiriman yang harus dibayar. Semakin cepat pengiriman tersebut, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

2.     Tarif Masuk Akal

Sepertinya sudah menjadi rahasia  umum, bahwa “ada harga, ada kualitas”. Namun tidak semuanya kok yang tarifnya murah itu murahan dan tidak terpercaya. Anda sebagai pelaku bisnis online, carilah jasa ekspedisi yang mematok tarif standar agar tidak memberatkan pembeli.

 

Jika tarifnya tinggi tapi pelayanan dapat dipercaya mungkin bisa dipertimbangkan. Atau syukur-syukur Anda bisa mendapatkan harga miring dengan melakukan kerjasama atau kegiatan ‘simbiosis mutualisme’ lainnya.

3.     Ketepatan Pengiriman

Nah, ini yang kerap diperhatikan oleh buyer online shop, yakni ketepatan waktu pengiriman. Terkadang beberapa pembeli membeli sebuah barang karena urgent harus segera dipakai, oleh karena itu pastikan agen jasa kirim barang yang Anda percayakan mampu memenuhi kebutuhan pembeli sesuai kesepakatan.

 

Untuk jasa-jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman tentu mampu meminimalisir keterlambatan pengiriman meski terjadi kendala di perjalanan. Oleh karena itu, carilah jasa ekspedisi yang mempunyai rekam jejak yang baik dan terpercaya.

4.     Jangkauan Luas

Tidak hanya cepat dan harga terjangkau saja, jasa ekspedisi yang Anda pilih sebaiknya menawarkan paket pengiriman diseluruh wilayah. Sama seperti Anda yang tidak pilih-pilih pembeli, carilah jasa ekspedisi yang tidak pilih-pilih wilayah.

 

Lebih baik sedikit membayar mahal daripada barang yang Anda kirimkan tidak sampai di alamat tujuan.

5.     Menyediakan Asuransi atau Jaminan

Pastikan pihak jasa kirim barang yang Anda pilih menawarkan jaminan atas kerusakan fatal atau kehilangan barang yang Anda kirim. Pastikan juga pihak ekspedisinya bersedia dengan aman membawa barang-barang yang mudah rusak atau pecah, seperti piring, kaca, peralatan elektronik, kosmetik, dan produk-produk lainnya.

 

Jaminan tersebut bisa berupa uang atau pengembalian barang sesuai dengan kesepakatan Anda dan pihak ekspedisi.

6.     Kemudahan Tracking

Fasilitas tracking ini memang tidak begitu berpengaruh terhadap barang yang Anda kirimkan. Namun dengan adanya fasilitas tracking atau pelacakan pengiriman ini memudahkan pelanggan atau pembeli yang ingin tahu posisi pesanannya. Fasilitas ini bisa dilihat melalui website atau aplikasi hanya dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih jasa kirim barang untuk mendukung bisnis online Anda. Carilah jasa ekspedisi yang dapat dipercaya dari mulai pengemasan hingga pengiriman sampai alamat tujuan. Anda juga bisa memilih lebih dari satu jasa ekspedisi agar memudahkan pembeli saat berbelanja di toko online Anda.

Post a Comment

0 Comments