Parkir Mundur Aman Untuk Pemula

Tahukah kamu metode parkir mobil mana yang paling aman? Menurut beberapa sumber, parkir mundur adalah jawabannya. Namun kenyataannya, banyak pengendara yang justru belum ahli menguasainya dan merasa takut. Bagaimana jika saat melakukan parkir mobil yang baru dibeli dari situs jual beli mobil bekas menyenggol kendaraan di sampingnya? Atau bagaimana jika saat parkir mundur di gedung malah mengalami terjun bebas seperti yang terlihat di berita?


Eits, jangan ketakutan dulu. Sebab, asal kamu tahu caranya kamu bisa kok parkir mundur dengan aman.

1.      Pahami teknik parkir mundur.

Jelas ini menjadi hal pertama yang harus kamu lakukan.Sebelum kamu benar-benar parkir mundur di area yang sebenarnya, pastikan kamu pernah melatih kemampuanmu. Memang jika hanya melihat saja, parkir mundur terlihat mudah. Namun saat dilakukan tidak semudah itu.

2.      Buat perhitungan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat melihat ada parkir kosong adalah membuat perhitungan. Apakah lahan kosong tersebut cukup untuk mobilmu atau terlalu pas. Untuk kamu yang masih pemula, sangat disarankan memilih lahan parkir yang cukup luas (lebih baik jika tidak ada mobil di salah satu sisi dan bagian depan). Jadi kamu bisa lebih bebas mengatur posisi mobilmu hingga sesuai dengan garis parkir yang ada.

3.      Nyalakan lampu penanda (sein).

Menurut riset sebuah lembaga di Amerika, satu dari lima kecelakaan mobil terjadi di tempat parkir. Nah, supaya usaha kamu untuk parkir mundur tidak membahayakan orang lain, jangan lupa menyalakan lampu sein (kiri dan kanan) untuk memberi tanda ke pengemudi atau pejalan kaki kalau kamu hendak parkir mundur.

4.      Perhatikan sekitar lewat kaca spion.

Parkir mundur memberikanmu keterbatasan untuk melihat area sekitar karena hanya mengandalkan kaca spion. Pastikan kamu sudah mengatur kaca spion ini agar bisa melihat sekeliling secara maksimal. Untuk kamu yang belum terlalu ahli membaca kaca spion, bisa mengakalinya dengan menengokkan kepalamu secara langsung. Namun, jangan jadikan ini kebiasaan, ya!

5.      Mundur pelan-pelan.

Jangan pernah parkir mundur dengan kecepatan tinggi karena akan sangat berisiko. Pertama kamu posisikan mobil dengan arah diagonal. Jika kamu masuk dari arah kanan, maka saat mencapai lahan kosong majulah lagi sambil sedikit membelokkan setir ke kanan hingga mobil mengarah diagonal. Kemudian mulai mundur perlahan sambil memutar setir ke kiri. Selanjutnya kamu tinggal memainkan setir ke kanan dan kiri sesuai kondisinya dengan tetap mempertahankan kecepatan.

6.      Maju dan mundur.

Banyak orang merasa malu jika parkir mundur harus maju dan mundur hingga berkali-kali. Namun, tahukah kamu bahwa untuk pemula ini memang harus dilakukan demi keamanan? Sebab, pemula umumnya belum memiliki feelings yang kuat untuk menentukan perputaran setir sehingga maju dan mundur sangat dibutuhkan untuk membuat posisi mobil sesuai kebutuhan. Namun jangan khawatir, karena feelings tersebut akan semakin muncul jika kamu sering melatihnya dengan sering parkir mundur.

Untuk pemula, ada baiknya jika menghindari parkir mundur di gedung yang bersisian dengan pagar. Sebab ditakutkan pada saat panik tanpaa sengaja menginjak pedal gas, terutama untuk mobil dengan transmisi matik.

Itu dia langkah-langkah untuk memarkir mundur mobil kamu. Kalau kamu masih khawatir soal keamanan dan keterampilan kamu dalam memarkir mundur, kamu bisa menambahkan rear cam di bagian bemper mobil untuk membantu kamu melihat bagian belakang mobil secara penuh dari layar di dasbor. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments